Background

Friday, March 7, 2014

Prof. Dr. Leny Yuanita, M. Kes.

Penerima Penghargaan Peneliti Berprestasi Bidang Ilmu Sains dan Teknologi

Unesa menambah daftar peneliti berprestasinya setelah pada upacara Dies Natalis ke-49 lalu menobatkan Prof. Dr. Leny Yuanita, M. Kes. sebagai penerima penghargaan peneliti berprestasi. LPPM Unesa (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Mayarakat) menyatakan Leny sebagai peneliti berprestasi tahun 2012 untuk kategori kelompok bidang ilmu sains dan teknologi. Selain mendapatkan sertifikat, dosen yang mulai meneliti sejak tahun 2005 itu juga mendapat hadiah berupa uang tunai sebesar 2,5 juta rupiah.

BERPRESTASI: Inilah Prof. Dr. Leny Yuanita, M. Kes., penerima penghargaan peneliti berprestasi bidang ilmu sains dan teknologi tahun 2012 
Karyanya yang dianugerahi penghargaan adalah penelitian pada tahun 2007 dan 2008. Pada tahun 2007, penelitian Leny berupa Isolasi Fitase dari Mikroorganisme Tanah Kapur untuk Defitinisasi Jagung dalam Mempertahankan Nilai Gizi Protein dan Mineral. Fitase merupakan enzim yang dapat diperoleh dari tanaman, mikroorganisme, maupun beberapa jaringan hewan tertentu. Fitase mikroorganisme memiliki potensi yang sangat baik untuk dikembangkan mengingat karakternya yang sangat menguntungkan untuk dunia industri. Fitase mikroorganisme memiliki keunggulan, antara lain potensi produksi yang tidak terbatas, relatif mudah dan murah, serta dapat dikendalikan. Mikroorganisme yang diperoleh dari tanah defisiensi fosfat atau dalam keadaan tidak tersedia (misalnya tanah berkapur) akan mempunyai potensi tinggi penghasil fitase. Untuk itu, tahun berikutnya Leny melanjutkan penelitiannya tersebut di Tanah Gunung Kapur Gresik dengan memanfaatkan mikroorganisme Bacillus licheniformis. Sesuai judulnya yaitu Isolasi dan Karakterisasi Fitase dari Bacillus licheniformis Tanah Gunung Kapur Gresik untuk Defitinisasi Jagung, Leny mengarahkan hasil penelitiannya tersebut untuk meningkatkan nutrisi tanaman jagung melalui penurunan kandungan fitat (garam) sehingga tidak mengikat protein, pati, maupun berbagai mineral di dalamnya.
“Sejak awal penelitian saya memang berkutat pada dua kelompok, yaitu enzim dan serat pangan. Ketertarikan saya pada serat pangan adalah berkat guru besar saya dulu yang juga gemar meneliti serat pangan,” kenang perempuan yang juga seorang guru besar Kimia Unesa itu.
Perempuan yang mengantongi gelar S3 dari Universitas Airlangga jurusan Kimia itu mengaku sangat gemar meneliti. Walaupun tidak ada dana, setiap kali ada kesempatan ia selalu membuat proposal. Karena itu, setiap tahunnya ia menyempatkan untuk melakukan penelitian. “Bagi saya, penelitian harus jalan,” imbuh dosen yang pernah menerima penghargaan dosen berprestasi Unesa tahun 2009 itu.
Bagi dosen kelahiran Surabaya, 12 September 1951 itu, penelitian dilakukannya dengan enjoy. Ia tidak suka melakukan penelitian dengan terburu-buru, yang nantinya dapat membuat out of target.
“Saya selalu mencari literatur dari jurnal terpercaya, tidak hanya nasional bahkan internasional. Dengan begitu, saya akan menemukan permasalahan yang berbobot dan dapat mengajinya di latar belakang,” ungkap perempuan yang tinggal di Margorejo Indah III- B 707 Surabaya tersebut.
Untuk lebih jelasnya, berikut ditampilkan judul-judul penelitian Leny Yuanita sejak tahun 2005.
No.
Tahun
Judul Penelitian
Sumber
1
2013
Pemanfaatan Fitase Bacillus subtilis Holiwood Gresik Amobil  untuk Meningkatkan Nilai Gizi pada Tepung Jagung Bebas Fitat
Hibah Bersaing
DP2M
2
2012
Pemanfaatan Fitase Bacillus subtilis Holiwood Gresik untuk Meningkatkan Nilai Gizi pada Tepung Jagung Bebas Fitat
Hibah Bersaing
DP2M
3
2011
Perubahan Biokimiawi dan Jumlah Mikroba Cemaran pada Daging Ayam Ras melalui Penambahan STPP Food Grade (Anggota)
Fundamental
DP2M
4
2010
Aktivitas Enzim Pencernaan pada Diet Tinggi Serat Pangan: Variasi Derajat Keasaman dan Lama Perebusan (Ketua)
Stranas
DP2M
5
2010
Uji Toksisitas Anti Radikal Bebas, dan Anti Trigliserida Teh Kambucha (Anggota)
Stranas
DP2M
6
2009
Efektivitas Diet Tinggi Serat Pangan Kacang Panjang untuk Menurunkan LDL Rattus norvegicus (Anggota)
Stranas
DP2M
7
2009

Mekanisme Pengikatan Asam Empedu oleh Komponen Serat Pangan untuk Menjelaskan Efek Hipokolesterolemik (tahun II) (Ketua)

Fundamental
DP2M
8
2008
Mekanisme Pengikatan Asam Empedu oleh Komponen Serat Pangan untuk Menjelaskan Efek Hipokolesterolemik (tahun I) (Ketua)
Fundamental
DP2M
9
2008
Isolasi dan Karakterisasi Fitase dari Bacillus licheniformis Tanah Gunung Kapur Gresik untuk Defitinisasi Jagung –Tahun II (Ketua)
DIPA/PR1
10
2007
Isolasi Fitase dari Mikroorganisme Tanah Kapur untuk Defitinisasi Jagung dalam Mempertahankan Nilai Gizi Protein dan Mineral (Thn I) (Ketua)
DIPA/PR I
11
2007
Penggunaan STPP Food Grade pada Fase Pasca Mortem untuk Meningkatkan Kualitas dan Daya Simpan Ayam, Ikan, Udang (Ketua)
Hibah Bersaing
DP2M
12
2006
Penentuan Mekanisme Reaksi pembentukan Kompleks Fe- Serat Pangan pada Kondisi Sistim Gastrointestinal
Fundamental
DP2M
13
2005
Pengaruh Pemasakan dan Penyimpanan pada penggunaaan STPP Sebagai Antioksidan dan Pengempuk Daging
DIPA
(San)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment