Background

Tuesday, March 18, 2014

Penjaringan Aspirasi Bakal Calon Rektor Unesa

Prof. Dr. Yatim Riyanto, M. Pd. Unggul Sementara di FIP


Penjaringan aspirasi bakal calon rekor Unesa periode 2014—2018 tahun 2014 Fakultas Ilmu Pendidikan berlangsung tertib. 15 panitia inti dan 32 pendamping dari mahasiswa diterjunkan untuk mengawal pemilihan. Tepat pukul 08.00 WIB, acara dibuka oleh ketua panitia pemilihan FIP, Drs. Mohammad Nursalim, M. Si. Sebanyak 3090 kartu aspirasi telah disiapkan panitia, 2937 kartu untuk mahasiswa, 104 kartu untuk dosen, dan 49 kartu untuk karyawan. Kartu-kartu itu disiapkan berdasarkan warna, mahasiswa berwarna abu-abu, dosen berwarna biru, dan karyawan berwarna kuning.
Dari sejumlah jurusan yang ada di FIP, Pendidikan Luar Sekolah menjadi jurusan pertama yang menggunakan hak pilihnya. Disusul kemudian jurusan Teknologi Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Bimbingan Konseling, Psikologi, dan terakhir Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

HASIL SEMENTARA FIP: Prof. Dr. Yatim Riyanto, M. Pd. mengungguli dua kandidat lainnya.
Dengan membawa daftar hadir, panitia mendampingi setiap pemilih dari kelompok mahasiswa, dosen, dan karyawan. Semua pemilih wajib membubuhkan tanda tangan pada daftar hadir tersebut. Khusus untuk mahasiswa, mereka wajib menunjukkan tanda pengenal berupa KTM atau SIM. Jika tidak membawa karena alasan tertentu, maka harus ada rekan yang mampu meyakinkan bahwa ia benar-benar pemilih dari jurusan tersebut. Setelah menerima kartu aspirasi, calon pemilih memasuki bilik suara untuk menyontreng atau melingkari nomor urut bakal calon rektor.
Pemilihan yang berlangsung sampai pukul 12.00 WIB itu dilanjutkan dengan penghitungan suara. Dengan disaksikan sejumlah saksi dari pihak panitia, pendamping, dan mahasiswa, penghitungan dimulai dari suara mahasiswa, dosen, lalu karyawan. Penghitungan suara yang berlangsung dua jam itu mengantarkan Prof. Dr. Yatim Riyanto, M. Pd. sebagai unggulan pertama sementara.
Berikut ditampilkan hasil penghitungan suara penjaringan aspirasi bakal calon rekor Unesa periode 2014—2018 tahun 2014 di Fakultas Ilmu Pendidikan.

Nomor Urut
Nama Bakal Calon Rektor
Perolehan Suara
Total
Mahasiswa
Tenaga Kependidikan
Dosen
1
Prof. Dr. Nurhasan, M. Kes.
591
18
19
628
2
Prof. Dr. Warsono, M.S.
388
15
13
416
3
Prof. Dr. Yatim Riyanto, M. Pd.
762
15
30
807
Suara Tidak Sah
21
1

22

Adapun untuk jurusan PG-PAUD dan PLB yang notabene terpisah dari kawasan kampus FIP, berikut disajikan hasil penghitungannya.
Nama Bakal Calon Rektor
PG-PAUD
PLB
Prof. Dr. Nurhasan, M. Kes.
34
13
Prof. Dr. Warsono, M.S.
107
5
Prof. Dr. Yatim Riyanto, M. Pd.
161
302

Penjaringan aspirasi bakal calon rektor memang dilaksanakan di empat tempat: kampus Ketintang, kampus Lidah, kampus Teratai, dan kampus Gedangan. Walaupun jurusan PG-PAUD dan PLB berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pendidikan, namun pelaksanaan pemilihan tetap dilakukan di kampus masing-masing. Hal itu dibenarkan oleh ketua panitia pemilihan, Mohammad Nursalim.
“Jika mereka datang ke FIP, kami tidak bisa menjamin keselamatan mereka di jalan. Karena itu, penjaringan aspirasi kami adakan pula di dua kampus tersebut,” ungkapnya.
Saat ditanya tentang harapannya untuk Unesa, PD III FIP tersebut mengharapkan pemimpin yang amanah, mampu memajukan Unesa ke tingkat yang lebih tinggi.
“Akan lebih baik jika rektor yang baru mampu menaikkan kelas Unesa, tidak hanya di kancah nasional namun juga internasional,” imbuh dosen 46 tahun itu (San).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment