Background

Friday, March 7, 2014

Dr. Trisakti, M.Si.

Penerima Penghargaan Peneliti Berprestasi Bidang Ilmu Sosial dan Humaniora

Unesa menambah daftar peneliti berprestasinya setelah pada upacara Dies Natalis ke-49 lalu menobatkan Dr. Trisakti, M.Si. sebagai penerima penghargaan peneliti berprestasi. LPPM Unesa (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Mayarakat) menyatakan Trisakti sebagai peneliti berprestasi tahun 2012 untuk kategori kelompok bidang ilmu sosial dan humaniora. Kaprodi Pendidikan Seni Budaya Pascasarjana Unesa itu sempat disandingkan dengan tiga nominator lain, yaitu Prof. Dr. Setya Yuwana, M.A., Prof. Dr. Warsono, M.S., dan Dr. Wahyu dari Dikdas. Setelah diminta melakukan presentasi, akhirnya perempuan kelahiran Surabaya, 28 September 1965 itu dinobatkan menjadi peneliti berprestasi. Selain mendapatkan sertifikat, dosen yang sudah 18 kali melakukan penelitian itu juga mendapat hadiah berupa uang tunai sebesar 2,5 juta rupiah.

BERPRESTASI: Dr. Trisakti, M.Si. saat ditemui  di ruang dosen Pascasarjana Unesa.
“Penelitian saya yang terakhir berjudul Penelitian Strategis Nasional: Pemetaan Seni Pertunjukan Tradisional Jawa Timur Sebagai Strategi Pelestarian Budaya Tradisional: Kajian Bentuk, Fungsi, Makna Simbolik Pertunjukan. Penelitian ini saya lakukan dua kali, pertama tahun 2012 dan yang kedua pada tahun 2013. Karena belum rampung seluruhnya, saya berharap tahun 2014 nanti masih didanai Dikti. Melalui penelitian inilah saya dinyatakan menjadi peneliti berprestasi,” paparnya sambil tersenyum.
Sesuai judulnya, Trisakti menjelaskan bahwa penelitiannya tersebut terkonsentrasi pada pertunjukan tradisional di Jawa Timur. Untuk memperoleh data, ia pun harus berkunjung ke daerah-daerah di Jawa Timur guna menyaksikan secara langsung pertunjukan tradisional yang sedang digelar. “Menyaksikan secara langsung berbeda dengan hanya menonton dari rekaman. Menonton rekaman tidak bisa menjabarkan minat masyarakat di daerahnya langsung”, imbuhnya.
Di samping itu, Trisakti mengaku masih melibatkan mahasiswanya dalam penelitian ini. Pelibatan tersebut dilakukan melalui mata kuliah Kajian Seni Pertunjukan. Dengan begitu, Trisakti berharap mahasiswanya dapat belajar langsung di lapangan.
Sesuai latar belakang pendidikannya, penelitian yang dilakukan Trisakti selama ini mengarah pada seni pertunjukan. Dosen yang merampungkan S2 dan S3nya di Jurusan Kajian Budaya Universitas Udayana tersebut sudah meneliti sejak tahun 1993. Namun sejak 2007, ia selalu mendapatkan penelitian paling tidak dua kali setahun. Baru tahun 2012 lalu ia mulai mengarahkan penelitiannya pada pemetaan seni pertunjukan Jawa Timur. Selain untuk mendapatkan dana dari Dikti, Trisakti menerangkan tujuan utamanya meneliti adalah untuk mengembangkan ilmu dan keterampilan.
“Saya tidak ingin hanya mengajar, namun harus ada kegiatan lain yang dapat mengembangkan pengetahuan saya, di samping juga harus berguna bagi orang lain,” ungkap dosen yang mengantongi gelar sarjana dari IKIP Surabaya Jurusan Seni Tari tersebut.
Saat ditanya tentang penelitian mana yang paling menantang, perempuan yang tinggal di Jalan Mayjen Sungkono 29 Surabaya itu menerangkan bahwa semua penelitian mempunyai karakteristik masing-masing. Namun, penelitiannya tentang kearifan budaya di tahun 2007 dan 2008 diakuinya paling menarik karena dua tahun berturut-turut harus meneliti etnik-etnik di Jawa Timur.
Untuk lebih jelasnya, berikut ditampilkan judul-judul penelitian Trisakti sejak tahun 1993.
No.
Judul
Tahun
Keterangan
1
Uji Coba Naskah Kuliah Tari Jawa Timur I (Penelitian)
1993
Ketua/DIKS
2
Uji Coba Materi Kuliah Antropologi (Penelitian)
1994
Mandiri
3
Mengapa Alumni Pendidikan Seni Tari Tidak Mengajar Bidang Studi Seni Tari
1994
Anggota/DIKS
4
Mengapa Alumni Seni Tari FPBS IKIP Surabaya Tidak Mengajar Seni Tari Sesuai Kewenangannya (Penelitian)
1997
Anggota
DIKS
5
Kepembimbingan Guru dalam Pelaksanaan PSG di SMK 9 Surabaya (Penelitian)
1999
Ketua
DIKS
6
Eksistensi Ketoprak Siswo Budoyo Sebagai Seni Pertunjukan Rakyat di Jawa Timur. Tinjauan Struktur Dramatik dan Fungsi Sosial (Tesis S2)
2002
Mandiri
7
Langen Tayub pada Wisuda Waranggana di Kabupaten Nganjuk: Pola Interaksi Sosial Masyarakat.
2004
Ketua/DP2M
8
Seni Pertunjukan Ketoprak Televisi dalam Konteks Transformasi Budaya (Penelitian, mandiri 2005)
2005
Mandiri
9
“Kearifan Budaya Etnik Nusantara pada Milenium Baru Analisis Eksistensi Budaya Lokal dan Budaya Nasional”, dalam Laporan Penelitian tanggal 15 Mei 2007, Lembaga Penelitian Unesa. Ketua. DIPA Unesa.
2007
Ketua
DIPA
10
Pengkemasan Seni Pertunjukan Ketoprak Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Bangsa. Ketua. Hibah Bersaing DP2M.
2007
Ketua/DP2M
11
“Kearifan Lokal dalam Masyarakat Etnik Jawa Timur” Kajian Budaya Etnik Jawa Timur pada Milenium Baru, Analisis Dampak Arus Budaya Global Terhadap Eksistensi Budaya Lokal dan Budaya Nasional.
2008
Anggota
DIPA
12
“Profil Alumni FBS Unesa dan Pendapat Mereka Tentang Relevansi Mata Kuliah yang Mereka Tempuh dengan Dunia Kerja”. Anggota. FBS.
2008
Anggota
FBS Unesa
13
Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Life Skill untuk Memperbaiki Kualitas Pembelajaran Seni Budaya di SMP Negeri Surabaya. Ketua. Stranas. DIPA Unesa.
2009
Ketua
DIPA
14
Pengkemasan Tari Ngremo Ludruk Sebagai Strategi Pengembangan Tari Tradisional di Tengah Modernisasi Masyarakat (tahun I). Anggota. Hibah Bersaing. DP2M.
2009
Anggota
DP2M
15
Pengkemasan Tari Ngremo Ludruk Sebagai Strategi Pengembangan Tari Tradisional di Tengah Modernisasi Masyarakat (tahun II). Anggota. Hibah Bersaing. DP2M.
2010
Anggota
DP2M
16
Penelitian Peningkatan Kualitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Seni Budaya di Jurusan Sendratasik FBS Unesa (Ketua Peneliti Utama). Penelitian Payung. DIPA Unesa.
2011
Ketua
DIPA
17
Penelitian Strategis Nasional: Pemetaan Seni Pertunjukan Tradisional Jawa Timur Sebagai Strategi Pelestarian Budaya Tradisional: Kajian Bentuk, Fungsi, Makna Simbolik Pertunjukan. Ketua. Stranas Tahun 1.
2012
Ketua
DP2M
18
Penelitian Strategis Nasional: Pemetaan Seni Pertunjukan Tradisional Jawa Timur Sebagai Strategi Pelestarian Budaya Tradisional: Kajian Bentuk, Fungsi, Makna Simbolik Pertunjukan. Ketua. Stranas Tahun 2. DP2M.
2013
Ketua
DP2M
(San)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment