Background

Friday, July 13, 2012

2012, SNMPTN Tulis Terakhir?


Isu SNMPTN tulis akan dihapus ternyata hanya wacana belaka. Tahun depan SNMPTN jalur tertulis akan tetap diselenggarakan. Namun bila ditilik lebih lanjut, wacana di depan sebenarnya diinginkan pelaksanaannya oleh pihak-pihak tertentu.
         Demikianlah yang disampaikan Rektor Universitas Negeri Surabaya, Prof. Dr. Muchlas Samani, M. Pd. saat ditemui di ruang dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan setelah mengisi acara wisuda ke-74 Unesa, Selasa (10/07). Dengan dihapuskannya SNMPTN jalur tertulis ini, diharapkan perguruan tinggi di seluruh Indonesia dapat mengakui kinerja pembelajaran di sekolah menengah dengan nilai rapor yang telah diperoleh siswa. Hal ini berdasar pada fakta yang ada di lapangan, bahwa antara kondisi dengan minat siswa ternyata tidak sejalan dengan kemampuannya. Misalkan saja, seorang siswa dari jurusan IPS berminat melanjutkan kuliah di kedokteran, namun perguruan tinggi yang dituju mengharuskan “calon dokternya” berasal dari jurusan IPA. Ini tentu saja menjadi sebuah problema, mengingat siswa tersebut bisa saja memiliki kemampuan di atas rata-rata anak IPA. Kepercayaan perguruan tinggi terhadap sekolah sebenarnya dapat dibangun jika sekolah tersebut memberikan data yang sebenarnya. Untuk itu, jika SNMPTN tulis benar-benar ditiadakan, jalur mandiri dan undangan tetap digunakan sebagai akses masuk penerimaan mahasiswa baru.


Saat ditanya tentang jalur mandiri tersebut, Muchlas menyatakan bahwa tidak ada perubahan yang signifikan terhadap biaya masuknya. Apalagi mengingat Unesa baru saja mengadakan pembangunan besar-besaran terhadap tiga aset barunya: Ranunesa, Baseball Foodcourt, dan Gedung PPG. Masalah biaya tetap tergantung pada fakultas masing-masing, begitu tambahnya.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment