Dari
Tukang Las Menjadi Doktor
Manusia memang
pemimpi, mimpinya pun boleh setinggi langit. Namun sosok kali ini berbeda.
Pengalamannya bergumul di dunia mesin membuat ia bercita-cita menjadi tukang
las profesional, mempekerjakan puluhan karyawan di sebuah tempat kerja yang
mewah. Namun Tuhan rupanya mempunyai rencana lain. Bukan sebagai tukang las, ia
malah menjadi doktor di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya.
Cholik, begitu
dulu ia disapa. Namun sekarang, ia sudah bergelar Dr. Mochammad Cholik, M.Pd.
Dosen di jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya itu tidak mengira
akan berkecimpung di dunia pendidikan seperti sekarang ini. Begitu lulus dari
Sekolah Dasar Budi Dharma di Surabaya, Cholik lantas melanjutkan ke Sekolah Teknik
Negeri VIII Surabaya dengan mengambil bidang studi Teknik Mesin. Waktu itu
tahun 1975. 4 tahun kemudian, ia kembali mengambil Teknik Mesin di Sekolah
Teknologi Menengah (STM) Negeri 1 Surabaya. Rupanya dunia permesinan sudah
mendarah daging di jiwanya. Sebagai wujud kecintaannya, pria kelahiran
Surabaya, 24 April 1960 itu mencoba belajar lebih dalam di perguruan tinggi
IKIP Surabaya dengan mengambil jurusan Pendidikan Teknik Mesin.
Berkat
kecerdasan yang dimiliki, tak heran jika Cholik mendapatkan beasiswa bakat dan
prestasi (PPA) sebanyak empat kali. Sampai akhirnya tahun 1988, gelar sarjana
itu berhasil ia kantongi. Setelah lulus, tekadnya sudah bulat untuk merambah
dunia kerja. Namun rupanya Tuhan memberi keajaiban yang tidak ia duga
sebelumnya.
UJI COBA: Cholik saat menaiki mobil listrik karya mahasiswa Teknik Mesin Unesa. Pada Juni 2013 mendatang, mobil listrik tersebut akan dipromosikan ke Sepang, Malaysia.
”Setelah lulus saya berencana untuk menjadi tukang las. Namun Drs. Sarjiyo,
dosen saya waktu itu, menganjurkan saya untuk mengambil S2 ke IKIP Yogjakarta
(sekarang UNY). Beliau secara cuma-cuma memberi saya formulir pendaftaran untuk
mengikuti tes seleksi yang diadakan IKIP Yogyakarta. Kesempatan emas tersebut
tentu tidak saya sia-siakan. Saya tidak menyangka akan beruntung, apalagi
diantara teman-teman hanya saya yang ditawari formulir tersebut. Maka dengan
memberanikan diri saya mencoba bertanya pada Pak Sarjiyo, apakah boleh mengajak
beberapa teman. Rupanya beliau mengerti, saya akhirnya diizinkan mengikuti tes
bersama ketiga teman yang lain. Dan saya bersyukur, dari keempat orang yang
dites, tiga diterima termasuk saya,” papar Cholik sambil tersenyum.
Di IKIP Yogyakarta, Cholik mengincar magister pendidikan pada program
pascasarjana Universitas
Negeri Yogyakarta (KPK Universitas Negeri Jakarta) dengan spesialisasi
Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Namun ketika S2-nya belum selesai, Cholik
sudah diangkat menjadi dosen honorer luar biasa di FPTK IKIP Surabaya jurusan
Teknik Mesin.
“Waktu itu tahun
1987, kuliah saya hanya tinggal tesis. Jadi untuk PP Yogyakarta-Surabaya bukan
merupakan sebuah beban,” ungkap pria 53 tahun tersebut.
Buah kegigihan
Cholik dalam mengajar terjawab tiga tahun sesudahnya. Pengangkatan Cholik
sebagai PNS mengantarkan ia menjadi dosen tetap di IKIP Surabaya pada tahun
1990. 16 tahun getol mengajar, ia pun lantas memutuskan untuk mengambil gelar
doktor pada bidang studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) Program Pascasarjana
Universitas Negeri Jakarta. Cholik mengaku S3-nya saat itu agak molor. Ia baru
lulus pada tahun 2010 yang lalu. Menurutnya, hal itu dipengaruhi oleh
kesibukannya bekerja di Puskur (Pusat Kurikulum) selama satu setengah tahun,
bekerja di BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) selama dua tahun, serta
menjadi konsultan di rektorat SMP dan SMA selama satu tahun.
”Memang S3 saya agak molor, tapi pengalaman saya bertambah karena sudah
mencicipi dunia kerja. Selain itu, saya bisa dibilang sudah berkeliling
Indonesia karena tuntutan pekerjaan sebagai konsultan dan monitoring kegiatan pendidikan, termasuk pula mengajar,” tuturnya
bangga.
Cholik memang sudah pernah mengajar di luar pulau, salah satunya
Kalimantan. Ia mengabdi di SMK 1 Sangatta Utara tiap satu bulan sekali. Namun
masa mengajarnya sudah habis pada Desember 2011 yang lalu. Yang paling berkesan
baginya adalah saat mengajar di Aceh. ”Waktu itu tahun 1994-1995, GAM sedang
panas-panasnya. Saya pernah ditodong oleh mereka,” tambah Cholik ngeri.
Sementara
itu, di jurusannya sendiri ia mengajar mata kuliah elemen mesin, evaluasi
pendidikan, metodologi penelitian, dan statistik. Ia juga mengampu mata kuliah
teknik pembentukan di pascasarjana Unesa. Selain itu, dari tahun 1987 sampai
2000an Cholik dipercaya untuk membawa dana penelitian dari para calon pegawai
negeri sipil yang melakukan banyak penelitian. ”Saya tidak ingin disebut
sebagai bendahara. Itu semua saya anggap sebagai amanah. Kebetulan kalau ada
penelitian saya yang bawa dananya,” ungkap Cholik.
Berikut disajikan riwayat pekerjaan Cholik selama lima tahun terakhir.
NO
|
NAMA PROYEK
|
POSISI
|
TEMPAT DAN WAKTU PENUGASAN
|
PERSONIL YANG TERLIBAT
|
DESKRIPSI TUGAS
|
1
|
PLPG
|
Kordina-tor
|
Surabaya
Juli – Oktober 2011
(7
gelombang)
|
Guru
SD/MI; SMP/MTs; SMA/MA. Jawa Timur
|
1.
Bertanggungjawab pelaksanaan PLPG di PU – Surabaya;
2.
Melakukan evaluasi pekaksanaan;
3.
Menyusun pelaporan kegiatan PLPG
|
2
|
Visitasi Akreditasi MA
|
Assesor
|
Sampang-Jawa
Timur, 18- 30 Juli – 2011
|
Guru, KS,
|
1.Visitasi dan
evalusi akreditasi
|
3
|
Visitasi Akreditasi SMA/MA
|
Assesor
|
Sampang-Jawa
Timur, 27 Juli – 7 Agustus 2010
|
Guru, KS,
|
1.Visitasi dan
evalusi akreditasi
|
4
|
MA. Satu Atap
|
Assesor
|
Bondowosa
dan Situbondo, 5-9 Mei 2009
|
Guru, KS, Pengawas,
|
1.
Monitoring dan evaluasi pembangunan gedung sekolah
2.
Menemukan kendala yang terjadi
3.
Member solusi
|
5
|
Bantuan Teknis
TPK dan Works- shop Pengem-bangan Kurikulum
|
Nara Sumber
|
NTB, Sumbawa
Besar, 3-7 Juni 2008
Sumatera Barat,
Pasaman, 31 Maret s/d 4 April 2008
|
Guru, KS,
Pengawas, Kasubdin dan Kasi Diknas Pendidikan setempat. Masing-masing 57
orang
|
1. Membentuk Tim Pengembang Kurikulum (TPK) tingkat Kabupaten.
2. Memfasilitasi program kerja TPK
3. Pendampingan pelaksanaan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
4. Menyusun pelaporan kegiatan yang disampaikan kepada Badan
Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum
|
6
|
Model Sarana
Pendukung Pembelajaran Berbantuan Komputer
|
Nara Sumber
|
Jambi, 12-16
Pebruari 2008
|
Guru, KS,
Pengawas,Kasubdin dan Kasi Diknas Pendidikan setempat. 52 orang
|
1.
Mengidentifikasi permasalahan dan kebutuhan lapangan yang berkaitan dengan
model sarana pendukung pempembelajaran berbantuan komputer.
2.
Menyusun rekomendasi yang disampaikan kepada Badan Penelitian dan
Pengembangan Pusat Kurikulum
|
7
|
Menyusun
Standar Kompetensi Guru SMK Mata Pelajaran Produktif
|
anggota
|
Badan Standar
Nasional Pendidikan (BSNP) – maret
s/d desember 2007
|
7 Orang
|
1.
Menyusun buku akademik
2.
Menyusun Standar Kompetensi Guru SMK Mata Pelajaran Produktif yang terdiri atas:
- kompetensi pedagogik
- kompetensi kepribadian
- kompetensi sosial
- kompetensi profesional
|
8
|
Akreditasi TK,
SD, SMP
(Badan
Akreditasi Sekolah)
|
Assesor Akreditasi TK, SD, SMP
|
Assesor TK, SD
dan SMP di Surabaya
5 - 16 Nopember
2007
|
Kepala sekolah
dan segenap guru
|
1.
Melakukan pengamatan lapangan, wawancara dengan warga sekolah, verifikasi
data pendukung, dan pendalaman hal-hal yang khusus berkaitan dengan komponen
dan aspek akreditasi.
2.
Mencermati kesesuaian antara fakta dengan data yang diperoleh melalui
pengisian instrumen evaluasi diri.
3.
Menyusun rekomendasi yang disampaikan kepada BAS/BAN sebagai bahan
pertimbangan akreditasi sekolah.
|
9
|
Uji Publik
Standar Kompetensi Guru SMK Mata Pelajaran Produktif
|
Petugas sosialisasi
|
Semarang – Jawa
Tengah 29 September 2007
|
Ka. Diknas
Kep. Sek
Guru
Dudi
Pemerhati 60
orang
|
1.
Mencari
masukan dari masyarakat tentang kelaikan penerapan Standar Kompetensi Guru SMK Mata Pelajaran
Produktif
2.
Menyempurnakan
Standar Kompetensi Guru SMK Mata Pelajaran Produktif berdasar dari masukan
masyarakat
|
10
|
Validasi
Standar Kompetensi Guru SMK Mata Pelajaran Produktif
|
Petugas validasi
|
Medan –
Sumatera Utara, 6 Agustus 2007
Banjarmasin –
Kalimantan Selatan, 12 Juli 2007
|
Ka. Diknas
Kep. Sek
Guru
Dudi
Pemerhati 130
orang
|
1. Validasi Standar Kompetensi Guru SMK Mata Pelajaran
Produktif
2.
Menyempurnakan Standar Kompetensi Guru SMK Mata
Pelajaran Produktif berdasar dari masukan masyarakat
|
11
|
Akreditasi
TKLB, SDLB, SMPLB, SMALB
(Badan
Akreditasi Sekolah)
|
Assesor Akreditasi TK, SD, SMP
|
Asessor TKLB,
SDLB, SMPLB dan SMALB di Surabaya, Sidoarjo, dan Pasuruan - Jawa Timur
14- 22 Juni
2007
|
Kepala sekolah
dan segenap guru
|
1. Melakukan pengamatan lapangan,
wawancara dengan warga sekolah, verifikasi data pendukung, dan pendalaman
hal-hal yang khusus berkaitan dengan komponen dan aspek akreditasi.
2. Mencermati kesesuaian antara
fakta dengan data yang diperoleh melalui pengisian instrumen evaluasi diri.
3. Menyusun rekomendasi yang
disampaikan kepada BAS/BAN sebagai bahan pertimbangan akreditasi sekolah.
|
12
|
Monitoring
Sekolah Standar Nasional (SSN)
|
Petugas Moni-toring
|
SMP Negeri 3
Kab Kutacane, SMP Negeri 1 Kab Takengon
Aceh Tenggara
29 Mei – 9 Juni 2007
|
Kepala sekolah
dan segenap guru
|
1. Melakukan pengamatan dan
pembim-bingan secara langsung keterlaksanaan
program SSN di SMP
2. Mendeteksi masalah dan menyelesaikan masalah yang dihadapi
sekolah dalam melaksanakan program SSN di SMP
3. Menyusun rekomendasi terkait
dengan pelaksanaan program SSN di SMP
|
13
|
Monitoring
Sekolah Standar Nasional (SSN)
|
Petugas Moni-toring
|
SMP Negeri 1
Bagan Sinembah Kab. Rokan Hilir, SMP Negeri 1 Sungai Apit Kab. Siak. Riau 7
– 26 Mei 2007
|
Kepala sekolah
dan segenap guru
|
|
14
|
Monitoring
Sekolah Standar Nasional (SSN)
|
Petugas Monitor
|
SMP Negeri 1
Kab Sukamara dan SMP 1 Kuala Pembuang
Kalimantan Tengah 9-19 April 2007
|
Kepala sekolah
dan segenap guru
|
|
15
|
Pemilihan Pelaksana Program Sekolah Standar Nasional
(SSN)
|
Petugas Penilai
|
SMP Negeri 1
Sinjai Selatan
SMP Negeri 3
Sinjai
SMP Negeri 1
Benteng Selayar
Sulawesi
Selatan
8- 18 Pebruari
007
|
Kepala sekolah
dan segenap guru
|
1. Melakukan pengamatan lapangan,
wawancara dengan pihak sekolah, verifikasi data pendukung dan pendalaman
hal-hal terkait dengan prospek pelaksanaan SSN.
2. Menyusun rekomendasi untuk
sekolah calon pelaksana program SSN yang disampaikan kepada Direktorat
pembina SLTP
|
16
|
Supervisi
Klinis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
|
Ketua Kelompok
|
SMP Negeri 2 di
Manokwari dan SMP Negeri 1 di Sorong. Irian Jaya Barat. 4 -10 Desember 2006
|
Kepala sekolah
dan segenap guru
|
1. Melakukan pengamatan dan
pembim-bingan secara langsung keterlaksanaan program KTSP/KBK, CTL dan
Bilingual di Sekolah.
2. Mendeteksi masalah dan menyelesaikan masalah yang dihadapi
sekolah dalam melaksanakan program KTSP/KBK, CTL dan Bilingual.
3. Menyusun rekomendasi terkait
dengan pelaksanaan program KTSP/KBK, CTL dan Bilingual di Sekolah.
|
17
|
Akreditasi TK,
SD, SMP
(Badan
Akreditasi Sekolah)
|
Assesor Akreditasi TK, SD, SMP
|
9 sekolah
terdiri atas: TK, SD, SMP di Surabaya. 11-20 Desember 2006
|
Kepala sekolah
dan segenap guru
|
1. Melakukan pengamatan lapangan,
wawancara dengan warga sekolah, verifikasi data pendukung, dan pendalaman
hal-hal yang khusus berkaitan dengan komponen dan aspek akreditasi.
2. Mencermati kesesuaian antara
fakta dengan data yang diperoleh melalui pengisian instrumen evaluasi diri.
3. Menyusun rekomendasi yang
disampaikan kepada BAS/BAN sebagai bahan pertimbangan akreditasi sekolah.
|
18
|
Penatihan Calon
Penilik Sekolah (MAN dan MTS)
|
Nara Sumber
|
Surabaya, 13
November 2006
|
12 Orang
|
1. Menyiapkan dan menyampaikan
materi evaluasi pendidikan dan evaluasi program pendidikian kepada peserta
pelatihan, yang diikuti oleh guru-guru calon penilik sekolah MAN dan MTS sebanyak 20 orang dari Jawa
Timur
|
19
|
Pendataan SMP
Terbuka
|
Pendata
|
SMP Terbuka di
Kab. Samarindah dan Kab. Bulungan Kalimantan Timur. 10-18 Oktober 2006
|
Kepala sekolah
dan segenap guru
|
1. Melakukan pengamatan dan pembim-bingan
secara langsung keterlaksanaan SMP
Terbuka
2. Mendeteksi masalah dan menyelesaikan masalah yang dihadapi
sekolah dalam melaksanakan SMP Terbuka
3. Menyusun rekomendasi terkait
dengan pelaksanaan SMP Terbuka
|
20
|
Diklat Teknis
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Direktorat Pendidikan Luar Biasa – Jakarta
|
Nara Sumber
|
Lembang, 1 s/d
6 September 2006
di Jawa Barat
|
4 orang
|
1.Menyiapkan dan menyampaikan
materi penelitian tindakan kelas kepada peserta pelatihan, yang diikuti oleh
guru-guru SLB wilayah Indonesia Tengah dan Timur sebanyak 80 guru.
2. Mengevaluasi dan menentukan 30
pemenang proposal tindakan kelas yang dibuat oleh peserta pelatihan
|
21
|
Diklat Teknis
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Direktorat Pendidikan Luar Biasa – Jakarta
|
Nara Sumber
|
Solo, 23 s/d 28
Agustus 2006 di di Jawa Tengah
|
4 orang
|
1.Menyiapkan dan menyampaikan
materi penelitian tilndakan kelas kepada peserta pelatihan, yang diikuti
oleh guru-guru SLB wilayah Indonesia Barat sebanyak 62 guru.
2. Mengevaluasi dan menentukan 30
pemenang proposal tindakan kelas yang dibuat oleh peserta pelatihan.
|
22
|
Monitoring
Sekolah Standar Nasional (SSN)
|
Petugas Monitor
|
SMP Negeri 1
Kab Pagatan dan SMP Negeri 1-Tanjung Kab. Tabalong
Kalimantan
Selatan 10-17 Agustus 2006
|
Kepala sekolah
dan segenap guru
|
1. Melakukan pengamatan dan
pembim-bingan secara langsung keterlaksanaan
program SSN di SMP
2. Mendeteksi masalah dan menyelesaikan masalah yang dihadapi
sekolah dalam melaksanakan program SSN di SMP
3. Menyusun rekomendasi terkait
dengan pelaksanaan program SSN di SMP
|
23
|
Menyusun
Rencana Kerja Rintisan Sekolah Nasional Bertaraf Internasional (SNBI)
(Direktorat
Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pendidikan
Menengah Umum)
|
Penyusun Rencana Kerja Rintisan (SNBI)
|
Yogyakarta. 6-9
Mei 2006
|
80 orang Kepala
dan Wakil sekolah wilayah Indonesia Barat
|
1.
Menyamakan
persepsi pelaksanaan peningkatan mutu SMA menuju sekolah nasional bertaraf
internasional antara Direktorat Pembinaan SMA, Dinas Pendidikan Provinsi,
Dinas Pendidikan Kab/Kota dan Sekolah
2.
Memberikan
wawasan implementasi program peningkatan mutu menuju sekolah bertaraf
internasional.
3.
Menyamakan
persepsi tentang penyusunan program kerja sekolah tahun 2006-2007 berdasar
SDIP
4.
Membuat
kesepakatan dan penandatanganan Block grant MoU
|
24
|
Menyusun
Rencana Kerja Rintisan Sekolah Nasional Bertaraf Internasional (SNBI)
(Direktorat
Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pendidikan
Menengah Umum)
|
Penyusun Rencana Kerja Rintisan (SNBI)
|
Yogyakarta. 3-6
Mei 2006
|
78 orang Kepala
dan Wakil sekolah wilayah Indonesia Tengah
|
1.
Menyamakan
persepsi pelaksanaan peningkatan mutu SMA menuju sekolah nasional bertaraf
internasional antara Direktorat Pembinaan SMA, Dinas Pendidikan Provinsi,
Dinas Pendidikan Kab/Kota dan Sekolah
2.
Memberikan
wawasan implementasi program peningkatan mutu menuju sekolah bertaraf
internasional.
3.
Menyamakan
persepsi tentang penyusunan program kerja sekolah tahun 2006-2007 berdasar
SDIP
4.
Membuat
kesepakatan dan penandatanganan Block grant MoU
|
25
|
Menyusun
Rencana Kerja Rintisan Sekolah Nasional Bertaraf Internasional (SNBI)
(Direktorat
Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pendidikan
Menengah Umum)
|
Penyusun Rencana Kerja Rintisan (SNBI)
|
Manado. 29
April- 2 Mei 2006
|
42 orang Kepala
dan Wakil sekolah wilayah IndonesiaTengah
|
1.
Menyamakan
persepsi pelaksanaan peningkatan mutu SMA menuju sekolah nasional bertaraf
internasional antara Direktorat Pembinaan SMA, Dinas Pendidikan Provinsi,
Dinas Pendidikan Kab/Kota dan Sekolah
2.
Memberikan
wawasan implementasi program peningkatan mutu menuju sekolah bertaraf
internasional.
3.Menyamakan
persepsi tentang penyusunan program kerja sekolah tahun 2006-2007 berdasar
SDIP
4.Membuat
kesepakatan dan penandatanganan Block grant MoU
|
26
|
Sekolah Nasional
Bertaraf Internasional (SNBI)
|
Fasili
tator Pusat
|
Jakarta, 23
Maret s/d 23 Juli 2006
|
4 orang
|
1.
Menyiapkan perlengkapan untuk acara Penyusunan Rencana Kerja Rintisan
(SNBI), yang diselenggaran di Yogyakarta. Pada 3-6 Mei 2006 dan 6-9 Mei
2006, serta di Manado. 29 April-2 Mei 2006
|
27
|
Monitoring Unit
Sekolah Baru
(Direktorat
Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pendidikan
Menengah Umum)
|
Evaluator
|
Padang
Tikar, 26-29 Des 2005
Mempawah 10-13
Desember 2005
Singkawang, 6-9
Desember 2005
Sambas, 2-5
Desember 2005
di Kalimanatan
Barat
|
2 orang
|
1.
Melakukan pengamatan dan pembim-bingan secara langsung keterlaksanaan pembangunan Unit Sekolah Baru
2.
Mendeteksi masalah dan menyelesaikan
masalah yang dihadapi Diknas setempat dan sekolah dalam pembangunan Unit
Sekolah Baru
3.
Menyusun rekomendasi terkait dengan pembangunan Unit Sekolah Baru
4.
Menyusun pelaporan tentang pembanguan Unit Sekolah Baru
|
28
|
Bantuan Imbal
Swadaya Mutu
(Direktorat
Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pendidikan
Menengah Umum)
|
Evaluator
|
Sintang, 15-16
Nopember 2005
Sanggau, 11-12
Nopember 2005
Kalimantan
Barat
|
2 orang
|
1.Melakukan
pengamatan dan pembim-bingan secara langsung keterlaksanaan pembangunan Laboratorium IPA dan Bahasa di
Sekolah
2.Mendeteksi
masalah dan menyelesaikan masalah
yang dihadapi sekolah dalam
pembangunan Laboratorium IPA dan Bahasa di Sekolah
3.Menyusun
rekomendasi terkait dengan pembangunan Laboratorium IPA dan Bahasa di
Sekolah
|
29
|
Bantuan Imbal
Swadaya Ruang Kelas Baru
(Direktorat
Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pendidikan
Menengah Umum)
|
Evaluator
|
Sintang, 13-14 Nopember
2005
Sanggau, 9-10
Nopember 2005
Kalimantan
Barat
|
2 orang
|
1.Melakukan
pengamatan dan pembim-bingan secara langsung keterlaksanaan pembangunan ruang kelas baru di Sekolah
2.Mendeteksi
masalah dan menyelesaikan masalah
yang dihadapi sekolah dalam
pembangunan ruang kelas baru di Sekolah
3.Menyusun
rekomendasi terkait dengan pembangunan ruang kelas baru di Sekolah
|
30
|
Bantuan Imbal
Swadaya Ruang Kelas Baru
(Direktorat Jenderal
Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum)
|
Evaluator
|
Bengkulu, 9-10
Oktober 2005
Manna, 7-8
Oktober 2005
|
2 orang
|
1.Melakukan
pengamatan dan pembim-bingan secara langsung keterlaksanaan pembangunan ruang kelas baru di Sekolah
2.Mendeteksi
masalah dan menyelesaikan masalah
yang dihadapi sekolah dalam
pembangunan ruang kelas baru di Sekolah
3.Menyusun
rekomendasi terkait dengan pembangunan ruang kelas baru di Sekolah
|
31
|
Diklat Teknis
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Guru PLB. Direktorat Pendidikan Luar Biasa
|
Nara Sumber
|
Bogor 6 -12
Juli 2005
|
4 orang
|
1.Menyiapkan
dan menyampaikan materi penelitian tilndakan kelas kepada peserta pelatihan,
yang diikuti oleh guru-guru SLB se-Indonesia
sebanyak 90 guru.
2.
Mengevaluasi dan menentukan 30 pemenang proposal tindakan kelas yang dibuat
oleh peserta pelatihan
|
32
|
Evaluasi
Pelaksanaan SMA Terbuka di 7 Kabupaten (Bogor, Pemalang, Surabaya, Malang,
Jambi, Jeneponto, Majene)
|
Evaluator
|
Jakarta, 5
Pebruari s/d 5 Mei 2005
|
8 orang
|
1.
Melakukan pengamatan dan pembim-bingan secara langsung keterlaksanaan SMA Terbuka
2.
Mendeteksi masalah dan menyelesaikan
masalah yang dihadapi sekolah dalam melaksanakan SMA Terbuka
3.
Menyusun rekomendasi terkait dengan pelaksanaan SMA Terbuka yang disampaikan
kepada Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen
Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum
|
33
|
Menyusun Sistem
Penilaian Kinerja Guru.
Desember 2004
|
Sekretaris
|
Jakarta,
Oktober 2004 s/d April 2005
|
6 orang
|
1.
Menyusun dan memvalidasi instrumen sistem penilaian kinerja guru
2.
Menyusun sistem penilaian kinerja guru
3.
Menyusun buku pedoman pengisian sistem penilailan kinerja guru
4.
Membuat laporan kemajuan kerja setiap 2 mingguan yang disampaikan kepada
Direktorat pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan
Tinggi, Direktorat Jendral Pendidikan tinggi
|
Di tengah-tengah kesibukannya berkarya di dunia pendidikan, bapak dua anak
tersebut selalu menyempatkan diri untuk berkumpul bersama keluarga. Istrinya,
Walmiati Wahyuningdyah, adalah staf pengajar di Institut Teknik Surabaya (ITS),
mengampu mata kuliah Bahasa Inggris. Putra pertamanya, sedang semester empat di
ITS, sedangkan putra keduanya sedang kelas VIII di SMA Negeri 17 Surabaya. Saat
ditanya tentang keinginannya yang belum tercapai, Cholik ternyata ingin menjadi
seorang guru besar. ”Itu tuntutan lembaga. Jika sudah S3 ya harus guru besar,” ucap pria yang tinggal di Rungkut Asri VIII nomor 30 Surabaya itu (San).
BIODATA
PRIBADI
|
||||||
Nama Lengkap
|
:
|
Dr. Mochamad Cholik, M.Pd
|
||||
Jenin Kelamin
|
:
|
Laki-laki
|
||||
Status
|
:
|
Kawin
|
||||
Agama
|
:
|
Islam
|
||||
Tempat, tgl lahir
|
:
|
Surabaya, 24 April 1960
|
||||
Alamat
|
:
|
Rungkut Asri VIII no 30 Surabaya
|
||||
Nomor Telpun Rumah
|
:
|
(031) – 8712431
|
||||
Nomor Hp
Alamat Kantor
Telepon
|
: : :
|
08123150890
Kampus Ketintang Surabaya
031-8280009 Pes. 510 Fax. 031-8280796
|
||||
Jabatan
NIP:
|
:
:
|
Lektor, Staf Pengajar Teknik Mesin
Karpek Nomor: E 984286 196004241990021001
|
||||
Unit Kerja
|
:
|
Jurusan Teknik Mesin
|
||||
Fakultas Teknik – Unesa Surabaya
|
||||||
RIWAYAT PENDIDIKAN
|
||
No
|
Tahun
|
Keterangan
|
1
|
2010
|
Lulus. Doktor (S3) pada
bidang studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan – Program Pascasarjana
Universitas Negeri Jakarta.
|
2
|
1988
|
Lulus. Magister (S2) Pendidikan pada
Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (KPK Universitas Negeri
Jakarta), dengan Spesialisasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
|
3
|
1984
|
Lulus.
Sarjana Pendidikan (S1) Bidang Pendidikan Teknik Mesin Institut Keguruan dan
Ilmu Pendidikan (IKIP) Surabaya
|
4
|
1979
|
Lulus.
Sekelah Teknologi Menengah Negeri I. Bidang studi: Teknik Mesin di Surabaya
|
5
|
1975
|
Lulus.
Sekolah Teknik Negeri VIII Bidang studi: Teknik Mesin di Surabaya
|
6
|
1972
|
Lulus. Sekolah Dasar Budi Dharma di
Surabaya
|
PENGALAMAN MENGAJAR
|
||
No
|
Dosen
Mata kuliah
|
Keterangan
|
1
|
Teknik
Pembentukan
|
Mengajar pada semester Genap 2010-2011 di S2-PTK Program Pascasarjana - Unesa
|
2
|
Evaluasi
Pengajaran
|
Mengajar sejak 1991
sampai sekarang di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik - Unesa
|
3
|
Elemen Mesin 1
|
|
4
|
Elemen
Mesin 2
|
|
5
|
Metodologi
Penelitian
|
Mengajar sejak 2007
sampai sekarang di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik – Unesa
|
6
|
Profesi
Pendidikan
|
|
7
|
Statistik
Terapan
|
Mengajar sejak 2010 sampai sekarang di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik – Unesa
|
8
|
Metodologi
Penelitian Pendidikan
|
Mengajar sejak 1989
sampai 1993 di IKIP PGRI Kediri di Sidoarjo
|
PENGALAMAN
MENELITI
|
||
No
|
Thn
|
Judul
Penelitian
|
1
|
2009
|
Kajian Peningkatan Mutu dan
Profesionalisme Guru (Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga
Kependidikan – Departemen Pendidikan Nasional)
|
2
|
2008
|
Pengembangan Model Pembelajaran Problema
Based Learning Pada Smk Program Keahlian Mekanik Produksi (Penelitian Hibah
Bersaing)
|
3
|
2007
|
Evaluasi Pelaksanaan SMA Terbuka di Jawa
Timur (Penelitian dibiayai oleh Dikmenum)
|
4
|
2005
|
Evaluasi Pelaksanaan SMA Terbuka di 6 Provinsi di Indonesia (Penelitian
dibiayai oleh Dikmenum)
|
5
|
2003
|
Pengembangan Instrumen Kompetensi Tekniksi Otomotif
|
6
|
1997
|
Pengembangan Model Pengelolaan SMP
Terbuka untuk Meningkatkan Pemerataan Kesempatan Pendidikan Dasar Dalam
Rangka Menyukseskan Wajar 9 Tahun (Penelitian
Hibah Bersaing)
|
7
|
1996
|
Studi Pengembangan Program Pendidikan
Keterampilan pada SMP (tahap III): Identifikasi Program Pendidikan
Keterampilan dan Pemilihan SMP sebagai Pelaksananya: Studi di 8 Propinsi
Sumatera (Dikmenjur)
|
8
|
1995
|
Indentifikasi Program Pendidikan
Keterampilan dan Pemilihan SMP Sebagai Pelaksananya: Studi di 73
Kodya/Kabupaten/Kotif di Indonesia (Penelitian Ditdikmenjur, Jakarta,)
|
9
|
1994
|
Indentifikasi Program Pendidikan
Keterampilan dan Pemilihan SMP Sebagai Pelaksananya: Studi di 73
Kodya/Kabupaten/Kotif di Indonesia
Penelitian dilakukan oleh FPTK IKIP
Surabaya, FPTK IKIP Yogyakarta, FPTK IKIP Bandung, FPTK IKIP Jakarta
|
10
|
1993
|
Pengembangan Pengajaran fisika di SMP
dan SMA untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Ditdikmenjur, Jakarta)
|
11
|
1991
|
Pengembangan Proses Belajar Mengajar IPA
Berorientasi Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan daya Nalar
Siswa dalam Rangka Menyongsong Masyarakat IPTEK pada Pembangunan Jangka
Panjang Tahap Kedua (Penelitian Hibah Bersaing)
|
No comments:
Post a Comment