Background

Friday, April 12, 2013

Menengok Kiprah Alumni Unesa, Dr. Mochammad Cholik, M.Pd.

Dari Tukang Las Menjadi Doktor


Manusia memang pemimpi, mimpinya pun boleh setinggi langit. Namun sosok kali ini berbeda. Pengalamannya bergumul di dunia mesin membuat ia bercita-cita menjadi tukang las profesional, mempekerjakan puluhan karyawan di sebuah tempat kerja yang mewah. Namun Tuhan rupanya mempunyai rencana lain. Bukan sebagai tukang las, ia malah menjadi doktor di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya.


Cholik, begitu dulu ia disapa. Namun sekarang, ia sudah bergelar Dr. Mochammad Cholik, M.Pd. Dosen di jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya itu tidak mengira akan berkecimpung di dunia pendidikan seperti sekarang ini. Begitu lulus dari Sekolah Dasar Budi Dharma di Surabaya, Cholik lantas melanjutkan ke Sekolah Teknik Negeri VIII Surabaya dengan mengambil bidang studi Teknik Mesin. Waktu itu tahun 1975. 4 tahun kemudian, ia kembali mengambil Teknik Mesin di Sekolah Teknologi Menengah (STM) Negeri 1 Surabaya. Rupanya dunia permesinan sudah mendarah daging di jiwanya. Sebagai wujud kecintaannya, pria kelahiran Surabaya, 24 April 1960 itu mencoba belajar lebih dalam di perguruan tinggi IKIP Surabaya dengan mengambil jurusan Pendidikan Teknik Mesin.
Berkat kecerdasan yang dimiliki, tak heran jika Cholik mendapatkan beasiswa bakat dan prestasi (PPA) sebanyak empat kali. Sampai akhirnya tahun 1988, gelar sarjana itu berhasil ia kantongi. Setelah lulus, tekadnya sudah bulat untuk merambah dunia kerja. Namun rupanya Tuhan memberi keajaiban yang tidak ia duga sebelumnya.

UJI COBA: Cholik saat menaiki mobil listrik karya mahasiswa Teknik Mesin Unesa. Pada Juni 2013 mendatang, mobil listrik tersebut akan dipromosikan ke Sepang, Malaysia.



”Setelah lulus saya berencana untuk menjadi tukang las. Namun Drs. Sarjiyo, dosen saya waktu itu, menganjurkan saya untuk mengambil S2 ke IKIP Yogjakarta (sekarang UNY). Beliau secara cuma-cuma memberi saya formulir pendaftaran untuk mengikuti tes seleksi yang diadakan IKIP Yogyakarta. Kesempatan emas tersebut tentu tidak saya sia-siakan. Saya tidak menyangka akan beruntung, apalagi diantara teman-teman hanya saya yang ditawari formulir tersebut. Maka dengan memberanikan diri saya mencoba bertanya pada Pak Sarjiyo, apakah boleh mengajak beberapa teman. Rupanya beliau mengerti, saya akhirnya diizinkan mengikuti tes bersama ketiga teman yang lain. Dan saya bersyukur, dari keempat orang yang dites, tiga diterima termasuk saya,” papar Cholik sambil tersenyum.
Di IKIP Yogyakarta, Cholik mengincar magister pendidikan pada program pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (KPK Universitas Negeri Jakarta) dengan spesialisasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Namun ketika S2-nya belum selesai, Cholik sudah diangkat menjadi dosen honorer luar biasa di FPTK IKIP Surabaya jurusan Teknik Mesin.
“Waktu itu tahun 1987, kuliah saya hanya tinggal tesis. Jadi untuk PP Yogyakarta-Surabaya bukan merupakan sebuah beban,” ungkap pria 53 tahun tersebut.
Buah kegigihan Cholik dalam mengajar terjawab tiga tahun sesudahnya. Pengangkatan Cholik sebagai PNS mengantarkan ia menjadi dosen tetap di IKIP Surabaya pada tahun 1990. 16 tahun getol mengajar, ia pun lantas memutuskan untuk mengambil gelar doktor pada bidang studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. Cholik mengaku S3-nya saat itu agak molor. Ia baru lulus pada tahun 2010 yang lalu. Menurutnya, hal itu dipengaruhi oleh kesibukannya bekerja di Puskur (Pusat Kurikulum) selama satu setengah tahun, bekerja di BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) selama dua tahun, serta menjadi konsultan di rektorat SMP dan SMA selama satu tahun.
”Memang S3 saya agak molor, tapi pengalaman saya bertambah karena sudah mencicipi dunia kerja. Selain itu, saya bisa dibilang sudah berkeliling Indonesia karena tuntutan pekerjaan sebagai konsultan dan monitoring kegiatan pendidikan, termasuk pula mengajar,” tuturnya bangga.
Cholik memang sudah pernah mengajar di luar pulau, salah satunya Kalimantan. Ia mengabdi di SMK 1 Sangatta Utara tiap satu bulan sekali. Namun masa mengajarnya sudah habis pada Desember 2011 yang lalu. Yang paling berkesan baginya adalah saat mengajar di Aceh. ”Waktu itu tahun 1994-1995, GAM sedang panas-panasnya. Saya pernah ditodong oleh mereka,” tambah Cholik ngeri.
Sementara itu, di jurusannya sendiri ia mengajar mata kuliah elemen mesin, evaluasi pendidikan, metodologi penelitian, dan statistik. Ia juga mengampu mata kuliah teknik pembentukan di pascasarjana Unesa. Selain itu, dari tahun 1987 sampai 2000an Cholik dipercaya untuk membawa dana penelitian dari para calon pegawai negeri sipil yang melakukan banyak penelitian. ”Saya tidak ingin disebut sebagai bendahara. Itu semua saya anggap sebagai amanah. Kebetulan kalau ada penelitian saya yang bawa dananya,” ungkap Cholik.
Berikut disajikan riwayat pekerjaan Cholik selama lima tahun terakhir.
NO
NAMA PROYEK
POSISI
TEMPAT DAN WAKTU  PENUGASAN
PERSONIL YANG TERLIBAT
DESKRIPSI TUGAS
1
PLPG
Kordina-tor
Surabaya Juli – Oktober 2011
(7 gelombang)
Guru SD/MI; SMP/MTs; SMA/MA. Jawa Timur
1.   Bertanggungjawab pelaksanaan PLPG di PU – Surabaya;
2.   Melakukan evaluasi pekaksanaan;
3.   Menyusun pelaporan kegiatan  PLPG
2
Visitasi Akreditasi MA
Assesor
Sampang-Jawa Timur, 18- 30 Juli – 2011
Guru, KS,
1.Visitasi dan evalusi akreditasi
3
Visitasi Akreditasi SMA/MA
Assesor
Sampang-Jawa Timur, 27 Juli – 7 Agustus 2010
Guru, KS,
1.Visitasi dan evalusi akreditasi
4
MA. Satu Atap
Assesor
Bondowosa dan Situbondo, 5-9 Mei 2009
Guru, KS, Pengawas,
1.   Monitoring dan evaluasi pembangunan gedung sekolah
2.   Menemukan kendala yang terjadi
3.   Member solusi
5
Bantuan Teknis TPK dan Works- shop Pengem-bangan Kurikulum
Nara Sumber
NTB, Sumbawa Besar, 3-7 Juni 2008
Sumatera  Barat,  Pasaman, 31 Maret s/d 4 April 2008

Guru, KS, Pengawas, Kasubdin dan Kasi Diknas Pendidikan setempat. Masing-masing 57 orang
1.   Membentuk Tim Pengembang Kurikulum (TPK) tingkat Kabupaten.
2.   Memfasilitasi program kerja TPK
3.   Pendampingan pelaksanaan  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
4.   Menyusun pelaporan kegiatan yang disampaikan kepada Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum
6
Model Sarana Pendukung Pembelajaran Berbantuan Komputer
Nara Sumber
Jambi, 12-16 Pebruari 2008
Guru, KS, Pengawas,Kasubdin dan Kasi Diknas Pendidikan setempat. 52 orang
1. Mengidentifikasi permasalahan dan kebutuhan lapangan yang berkaitan dengan model sarana pendukung pempembelajaran berbantuan komputer. 
2. Menyusun rekomendasi yang disampaikan kepada Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum
7
Menyusun Standar Kompetensi Guru SMK Mata Pelajaran Produktif
anggota
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)  – maret s/d desember 2007
7 Orang
1. Menyusun buku akademik
2. Menyusun Standar Kompetensi Guru SMK Mata Pelajaran Produktif yang terdiri atas:
    - kompetensi pedagogik
    - kompetensi kepribadian
    - kompetensi sosial
    - kompetensi profesional
8
Akreditasi TK, SD, SMP
(Badan Akreditasi Sekolah)
Assesor Akreditasi TK, SD, SMP
Assesor TK, SD dan  SMP di Surabaya
5 - 16 Nopember 2007
Kepala sekolah dan segenap guru
1. Melakukan pengamatan lapangan, wawancara dengan warga sekolah, verifikasi data pendukung, dan pendalaman hal-hal yang khusus berkaitan dengan komponen dan aspek akreditasi.
2. Mencermati kesesuaian antara fakta dengan data yang diperoleh melalui pengisian instrumen evaluasi diri.
3. Menyusun rekomendasi yang disampaikan kepada BAS/BAN sebagai bahan pertimbangan akreditasi sekolah.
9
Uji Publik Standar Kompetensi Guru SMK Mata Pelajaran Produktif
Petugas sosialisasi
Semarang – Jawa Tengah 29 September 2007
Ka. Diknas
Kep. Sek
Guru
Dudi
Pemerhati 60 orang
1. Mencari masukan dari masyarakat tentang kelaikan penerapan  Standar Kompetensi Guru SMK Mata Pelajaran Produktif
2. Menyempurnakan Standar Kompetensi Guru SMK Mata Pelajaran Produktif berdasar dari masukan masyarakat
10
Validasi Standar Kompetensi Guru SMK Mata Pelajaran Produktif
Petugas validasi
Medan – Sumatera Utara,  6 Agustus 2007
Banjarmasin – Kalimantan Selatan,  12 Juli 2007
Ka. Diknas
Kep. Sek
Guru
Dudi
Pemerhati 130 orang

1. Validasi Standar Kompetensi Guru SMK Mata Pelajaran Produktif
2. Menyempurnakan Standar Kompetensi Guru SMK Mata Pelajaran Produktif berdasar dari masukan masyarakat

11
Akreditasi TKLB, SDLB, SMPLB, SMALB
(Badan Akreditasi Sekolah)
Assesor Akreditasi TK, SD, SMP
Asessor TKLB, SDLB, SMPLB dan SMALB di Surabaya, Sidoarjo, dan Pasuruan - Jawa Timur
14- 22 Juni 2007
Kepala sekolah dan segenap guru
1. Melakukan pengamatan lapangan, wawancara dengan warga sekolah, verifikasi data pendukung, dan pendalaman hal-hal yang khusus berkaitan dengan komponen dan aspek akreditasi.
2. Mencermati kesesuaian antara fakta dengan data yang diperoleh melalui pengisian instrumen evaluasi diri.
3. Menyusun rekomendasi yang disampaikan kepada BAS/BAN sebagai bahan pertimbangan akreditasi sekolah.
12
Monitoring Sekolah Standar Nasional (SSN)
Petugas Moni-toring
SMP Negeri 3 Kab Kutacane, SMP Negeri 1 Kab Takengon
Aceh Tenggara 29 Mei – 9 Juni 2007
Kepala sekolah dan segenap guru
1. Melakukan pengamatan dan pembim-bingan secara langsung keterlaksanaan  program SSN di SMP
2. Mendeteksi masalah dan  menyelesaikan masalah yang dihadapi sekolah dalam melaksanakan program SSN di SMP
3. Menyusun rekomendasi terkait dengan pelaksanaan program SSN di SMP
13
Monitoring Sekolah Standar Nasional (SSN)
Petugas Moni-toring
SMP Negeri 1 Bagan Sinembah Kab. Rokan Hilir, SMP Negeri 1 Sungai Apit Kab. Siak. Riau 7 – 26 Mei 2007
Kepala sekolah dan segenap guru

14
Monitoring Sekolah Standar Nasional (SSN)
Petugas Monitor
SMP Negeri 1 Kab Sukamara dan SMP 1 Kuala Pembuang
Kalimantan  Tengah 9-19 April 2007
Kepala sekolah dan segenap guru

15
Pemilihan  Pelaksana Program Sekolah Standar Nasional (SSN) 
Petugas Penilai
SMP Negeri 1 Sinjai Selatan
SMP Negeri 3 Sinjai
SMP Negeri 1 Benteng Selayar
Sulawesi Selatan
8- 18 Pebruari 007
Kepala sekolah dan segenap guru
1. Melakukan pengamatan lapangan, wawancara dengan pihak sekolah, verifikasi data pendukung dan pendalaman hal-hal terkait dengan prospek pelaksanaan SSN.
2. Menyusun rekomendasi untuk sekolah calon pelaksana program SSN yang disampaikan kepada Direktorat pembina SLTP


16
Supervisi Klinis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Ketua Kelompok
SMP Negeri 2 di Manokwari dan SMP Negeri 1 di Sorong. Irian Jaya Barat.  4 -10 Desember 2006
Kepala sekolah dan segenap guru
1. Melakukan pengamatan dan pembim-bingan secara langsung keterlaksanaan program KTSP/KBK, CTL dan Bilingual di Sekolah.
2. Mendeteksi masalah dan  menyelesaikan masalah yang dihadapi sekolah dalam melaksanakan program KTSP/KBK, CTL dan Bilingual.
3. Menyusun rekomendasi terkait dengan pelaksanaan program KTSP/KBK, CTL dan Bilingual di Sekolah.
17
Akreditasi TK, SD, SMP
(Badan Akreditasi Sekolah)
Assesor Akreditasi TK, SD, SMP
9 sekolah terdiri atas: TK, SD, SMP di Surabaya. 11-20   Desember 2006
Kepala sekolah dan segenap guru
1. Melakukan pengamatan lapangan, wawancara dengan warga sekolah, verifikasi data pendukung, dan pendalaman hal-hal yang khusus berkaitan dengan komponen dan aspek akreditasi.
2. Mencermati kesesuaian antara fakta dengan data yang diperoleh melalui pengisian instrumen evaluasi diri.
3. Menyusun rekomendasi yang disampaikan kepada BAS/BAN sebagai bahan pertimbangan akreditasi sekolah.
18
Penatihan Calon Penilik Sekolah (MAN dan MTS)
Nara Sumber
Surabaya, 13 November 2006
12 Orang
1. Menyiapkan dan menyampaikan materi evaluasi pendidikan dan evaluasi program pendidikian kepada peserta pelatihan, yang diikuti oleh guru-guru calon penilik sekolah  MAN dan MTS sebanyak 20 orang dari Jawa Timur
19
Pendataan SMP Terbuka
Pendata
SMP Terbuka di Kab. Samarindah dan Kab. Bulungan Kalimantan Timur. 10-18 Oktober 2006

Kepala sekolah dan segenap guru
1. Melakukan pengamatan dan pembim-bingan secara langsung keterlaksanaan  SMP Terbuka
2. Mendeteksi masalah dan  menyelesaikan masalah yang dihadapi sekolah dalam melaksanakan SMP Terbuka
3. Menyusun rekomendasi terkait dengan pelaksanaan SMP Terbuka
20
Diklat Teknis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Direktorat Pendidikan Luar Biasa – Jakarta
Nara Sumber
Lembang, 1 s/d 6 September 2006
di Jawa Barat

4 orang
1.Menyiapkan dan menyampaikan materi penelitian tindakan kelas kepada peserta pelatihan, yang diikuti oleh guru-guru SLB wilayah Indonesia Tengah dan Timur sebanyak 80 guru.
2. Mengevaluasi dan menentukan 30 pemenang proposal tindakan kelas yang dibuat oleh peserta pelatihan

21
Diklat Teknis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Direktorat Pendidikan Luar Biasa – Jakarta
Nara Sumber
Solo, 23 s/d 28 Agustus 2006 di di Jawa Tengah
4 orang
1.Menyiapkan dan menyampaikan materi penelitian tilndakan kelas kepada peserta pelatihan, yang diikuti oleh guru-guru SLB wilayah Indonesia Barat sebanyak 62 guru.
2. Mengevaluasi dan menentukan 30 pemenang proposal tindakan kelas yang dibuat oleh peserta pelatihan.

22
Monitoring Sekolah Standar Nasional (SSN)
Petugas Monitor
SMP Negeri 1 Kab Pagatan dan SMP Negeri 1-Tanjung Kab. Tabalong
Kalimantan Selatan 10-17 Agustus 2006
Kepala sekolah dan segenap guru
1. Melakukan pengamatan dan pembim-bingan secara langsung keterlaksanaan  program SSN di SMP
2. Mendeteksi masalah dan  menyelesaikan masalah yang dihadapi sekolah dalam melaksanakan program SSN di SMP
3. Menyusun rekomendasi terkait dengan pelaksanaan program SSN di SMP
23
Menyusun Rencana Kerja Rintisan Sekolah Nasional Bertaraf Internasional (SNBI)
(Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum)
Penyusun Rencana Kerja Rintisan (SNBI)
Yogyakarta. 6-9 Mei 2006
80 orang Kepala dan Wakil sekolah wilayah Indonesia Barat
1. Menyamakan persepsi pelaksanaan peningkatan mutu SMA menuju sekolah nasional bertaraf internasional antara Direktorat Pembinaan SMA, Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pendidikan Kab/Kota dan Sekolah
2. Memberikan wawasan implementasi program peningkatan mutu menuju sekolah bertaraf internasional.
3. Menyamakan persepsi tentang penyusunan program kerja sekolah tahun 2006-2007 berdasar SDIP
4. Membuat kesepakatan dan penandatanganan Block grant MoU
24
Menyusun Rencana Kerja Rintisan Sekolah Nasional Bertaraf Internasional (SNBI)
(Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum)
Penyusun Rencana Kerja Rintisan (SNBI)
Yogyakarta. 3-6 Mei 2006
78 orang Kepala dan Wakil sekolah wilayah Indonesia Tengah
1. Menyamakan persepsi pelaksanaan peningkatan mutu SMA menuju sekolah nasional bertaraf internasional antara Direktorat Pembinaan SMA, Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pendidikan Kab/Kota dan Sekolah
2. Memberikan wawasan implementasi program peningkatan mutu menuju sekolah bertaraf internasional.
3. Menyamakan persepsi tentang penyusunan program kerja sekolah tahun 2006-2007 berdasar SDIP
4. Membuat kesepakatan dan penandatanganan Block grant MoU
25
Menyusun Rencana Kerja Rintisan Sekolah Nasional Bertaraf Internasional (SNBI)
(Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum)
Penyusun Rencana Kerja Rintisan (SNBI)
Manado. 29 April- 2 Mei 2006
42 orang Kepala dan Wakil sekolah wilayah IndonesiaTengah
1. Menyamakan persepsi pelaksanaan peningkatan mutu SMA menuju sekolah nasional bertaraf internasional antara Direktorat Pembinaan SMA, Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pendidikan Kab/Kota dan Sekolah
2. Memberikan wawasan implementasi program peningkatan mutu menuju sekolah bertaraf internasional.
3.Menyamakan persepsi tentang penyusunan program kerja sekolah tahun 2006-2007 berdasar SDIP
4.Membuat kesepakatan dan penandatanganan Block grant MoU

26
Sekolah Nasional Bertaraf Internasional (SNBI)

Fasili
tator Pusat
Jakarta, 23 Maret s/d 23 Juli 2006


4 orang
1. Menyiapkan perlengkapan untuk acara Penyusunan Rencana Kerja Rintisan (SNBI), yang diselenggaran di Yogyakarta. Pada 3-6 Mei 2006 dan 6-9 Mei 2006, serta di Manado. 29 April-2 Mei 2006
27
Monitoring Unit Sekolah Baru
(Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum)
Evaluator
Padang Tikar,  26-29  Des 2005
Mempawah 10-13 Desember 2005
Singkawang, 6-9 Desember  2005
Sambas, 2-5 Desember 2005
di Kalimanatan Barat
2 orang
1. Melakukan pengamatan dan pembim-bingan secara langsung keterlaksanaan  pembangunan Unit Sekolah Baru
2. Mendeteksi masalah dan  menyelesaikan masalah yang dihadapi Diknas setempat dan sekolah dalam pembangunan Unit Sekolah Baru
3. Menyusun rekomendasi terkait dengan pembangunan Unit Sekolah Baru
4. Menyusun pelaporan tentang pembanguan Unit Sekolah Baru
28
Bantuan Imbal Swadaya Mutu
(Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum)
Evaluator
Sintang, 15-16 Nopember 2005

Sanggau, 11-12 Nopember 2005
Kalimantan Barat
2 orang
1.Melakukan pengamatan dan pembim-bingan secara langsung keterlaksanaan  pembangunan Laboratorium IPA dan Bahasa di Sekolah
2.Mendeteksi masalah dan  menyelesaikan masalah yang dihadapi  sekolah dalam pembangunan Laboratorium IPA dan Bahasa di Sekolah 
3.Menyusun rekomendasi terkait dengan pembangunan Laboratorium IPA dan Bahasa di Sekolah
29
Bantuan Imbal Swadaya Ruang Kelas Baru
(Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum)
Evaluator
Sintang, 13-14 Nopember 2005
Sanggau, 9-10 Nopember 2005
Kalimantan Barat
2 orang
1.Melakukan pengamatan dan pembim-bingan secara langsung keterlaksanaan  pembangunan ruang kelas baru di Sekolah
2.Mendeteksi masalah dan  menyelesaikan masalah yang dihadapi  sekolah dalam pembangunan ruang kelas baru di Sekolah 
3.Menyusun rekomendasi terkait dengan pembangunan ruang kelas baru  di Sekolah
30
Bantuan Imbal Swadaya Ruang Kelas Baru
(Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum)
Evaluator
Bengkulu, 9-10 Oktober 2005
Manna, 7-8 Oktober 2005

2 orang
1.Melakukan pengamatan dan pembim-bingan secara langsung keterlaksanaan  pembangunan ruang kelas baru di Sekolah
2.Mendeteksi masalah dan  menyelesaikan masalah yang dihadapi  sekolah dalam pembangunan ruang kelas baru di Sekolah 
3.Menyusun rekomendasi terkait dengan pembangunan ruang kelas baru  di Sekolah
31
Diklat Teknis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Guru PLB. Direktorat Pendidikan Luar Biasa
Nara Sumber
Bogor 6 -12 Juli 2005
4 orang
1.Menyiapkan dan menyampaikan materi penelitian tilndakan kelas kepada peserta pelatihan, yang diikuti oleh guru-guru SLB se-Indonesia  sebanyak 90 guru.
2. Mengevaluasi dan menentukan 30 pemenang proposal tindakan kelas yang dibuat oleh peserta pelatihan
32
Evaluasi Pelaksanaan SMA Terbuka di 7 Kabupaten (Bogor, Pemalang, Surabaya, Malang, Jambi, Jeneponto, Majene)
Evaluator
Jakarta, 5 Pebruari s/d 5 Mei 2005
8 orang
1. Melakukan pengamatan dan pembim-bingan secara langsung keterlaksanaan  SMA Terbuka
2. Mendeteksi masalah dan  menyelesaikan masalah yang dihadapi sekolah dalam melaksanakan SMA Terbuka
3. Menyusun rekomendasi terkait dengan pelaksanaan SMA Terbuka yang disampaikan kepada Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum
33
Menyusun Sistem Penilaian Kinerja Guru.
Desember 2004
Sekretaris
Jakarta, Oktober 2004 s/d April 2005
6 orang
1. Menyusun dan memvalidasi instrumen sistem penilaian kinerja guru
2. Menyusun sistem penilaian kinerja guru
3. Menyusun buku pedoman pengisian sistem penilailan kinerja guru
4. Membuat laporan kemajuan kerja setiap 2 mingguan yang disampaikan kepada Direktorat pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, Direktorat Jendral Pendidikan tinggi


Di tengah-tengah kesibukannya berkarya di dunia pendidikan, bapak dua anak tersebut selalu menyempatkan diri untuk berkumpul bersama keluarga. Istrinya, Walmiati Wahyuningdyah, adalah staf pengajar di Institut Teknik Surabaya (ITS), mengampu mata kuliah Bahasa Inggris. Putra pertamanya, sedang semester empat di ITS, sedangkan putra keduanya sedang kelas VIII di SMA Negeri 17 Surabaya. Saat ditanya tentang keinginannya yang belum tercapai, Cholik ternyata ingin menjadi seorang guru besar. ”Itu tuntutan lembaga. Jika sudah S3 ya harus guru besar,” ucap pria yang tinggal di Rungkut Asri VIII nomor 30 Surabaya itu (San).


BIODATA PRIBADI
Nama Lengkap
:
Dr. Mochamad Cholik, M.Pd

Jenin Kelamin
: 
Laki-laki

Status
:
Kawin

Agama
:
Islam

Tempat, tgl lahir
:
Surabaya, 24 April 1960

Alamat
:
Rungkut Asri VIII no 30 Surabaya

Nomor Telpun  Rumah
:
(031) – 8712431

Nomor Hp
Alamat Kantor               
Telepon            

: : :
08123150890
Kampus Ketintang Surabaya
031-8280009 Pes. 510 Fax. 031-8280796

Jabatan

NIP:
:

:
Lektor, Staf Pengajar Teknik Mesin
Karpek Nomor: E 984286 196004241990021001

Unit Kerja
:
Jurusan Teknik Mesin




Fakultas Teknik – Unesa Surabaya

RIWAYAT PENDIDIKAN
No
Tahun
Keterangan
1
2010
Lulus. Doktor (S3) pada bidang studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan – Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.
2
1988
Lulus. Magister (S2) Pendidikan pada Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (KPK Universitas Negeri Jakarta), dengan Spesialisasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
3
1984
Lulus. Sarjana Pendidikan (S1) Bidang Pendidikan Teknik Mesin Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Surabaya
4
1979
Lulus. Sekelah Teknologi Menengah Negeri I. Bidang studi: Teknik Mesin  di Surabaya
5
1975
Lulus. Sekolah Teknik Negeri VIII Bidang studi: Teknik Mesin  di Surabaya
6
1972
Lulus. Sekolah Dasar Budi Dharma di Surabaya

PENGALAMAN MENGAJAR
No
Dosen Mata kuliah
Keterangan
1
Teknik Pembentukan
Mengajar pada semester Genap 2010-2011 di S2-PTK  Program Pascasarjana - Unesa
2
Evaluasi Pengajaran

Mengajar sejak 1991 sampai sekarang di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik - Unesa

3
Elemen Mesin 1
4
Elemen Mesin 2
5
Metodologi Penelitian
Mengajar sejak 2007 sampai sekarang di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik – Unesa
6
Profesi Pendidikan
7
Statistik Terapan
Mengajar sejak 2010 sampai sekarang di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik – Unesa
8
Metodologi Penelitian Pendidikan
Mengajar sejak 1989 sampai 1993 di IKIP PGRI Kediri di Sidoarjo

PENGALAMAN MENELITI
No
Thn
Judul Penelitian
1
2009
Kajian Peningkatan Mutu dan Profesionalisme Guru (Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan – Departemen Pendidikan Nasional)
2
2008
Pengembangan Model Pembelajaran Problema Based Learning Pada Smk Program Keahlian Mekanik Produksi (Penelitian Hibah Bersaing)
3
2007
Evaluasi Pelaksanaan SMA Terbuka di Jawa Timur (Penelitian dibiayai oleh Dikmenum)
4
2005
Evaluasi Pelaksanaan SMA Terbuka  di 6 Provinsi di Indonesia (Penelitian dibiayai oleh Dikmenum)
5
2003
Pengembangan Instrumen Kompetensi Tekniksi Otomotif
6
1997
Pengembangan Model Pengelolaan SMP Terbuka untuk Meningkatkan Pemerataan Kesempatan Pendidikan Dasar Dalam Rangka Menyukseskan Wajar 9 Tahun (Penelitian  Hibah Bersaing)
7
1996
Studi Pengembangan Program Pendidikan Keterampilan pada SMP (tahap III): Identifikasi Program Pendidikan Keterampilan dan Pemilihan SMP sebagai Pelaksananya: Studi di 8 Propinsi Sumatera (Dikmenjur)
8
1995
Indentifikasi Program Pendidikan Keterampilan dan Pemilihan SMP Sebagai Pelaksananya: Studi di 73 Kodya/Kabupaten/Kotif di Indonesia (Penelitian Ditdikmenjur, Jakarta,)
9
1994
Indentifikasi Program Pendidikan Keterampilan dan Pemilihan SMP Sebagai Pelaksananya: Studi di 73 Kodya/Kabupaten/Kotif di Indonesia
Penelitian dilakukan oleh FPTK IKIP Surabaya, FPTK IKIP Yogyakarta, FPTK IKIP Bandung, FPTK IKIP Jakarta
10
1993
Pengembangan Pengajaran fisika di SMP dan SMA untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Ditdikmenjur, Jakarta)
11
1991
Pengembangan Proses Belajar Mengajar IPA Berorientasi Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan daya Nalar Siswa dalam Rangka Menyongsong Masyarakat IPTEK pada Pembangunan Jangka Panjang Tahap Kedua (Penelitian Hibah Bersaing)


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment