Background

Saturday, December 22, 2012

No Plagiarisme Karya!

Meningkatkan budaya literasi dan perlindungan hak atas kekayaan intelektual. Itulah tema seminar nasional yang digebyar FBS dalam rangka Dies Natalis ke-48 Universitas Negeri Surabaya hari ini, Sabtu (22/12/2012). Hadir sebagai pembicara (1) Prof. Dr. Ali Saukah dari Universitas Negeri Malang dengan materinya “Penulisan dan Penerbitan Karya di Jurnal Terakreditasi”; (2) Bekti Purwanto, SH, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bali dengan materinya “Perlindungan Hasil Kekayaan Intelektual di Perguruan Tinggi”, dan (3) Prof. Dr. Budi Darma, M.A. dengan materinya”Budaya Literasi dan Strategi Peningkatannya. 200 peserta seminar yang hadir meliputi mahasiswa (S1/S2/S3), guru, dosen, budayawan, seniman, pengusaha, dan lingkup masyarakat ilmiah lainnya.


Seminar yang dilaksanakan di Auditorium Prof. Dr. Leo Idra Adriana Fakultas Bahasa dan Seni Unesa ini dilatarbelakangi fakta tentang budaya literasi masyarakat Indonesia yang masih rendah. Hal ini dapat dibuktikan dari sedikitnya jumlah buku yang dihasilkan. Kondisi ini berdampak pada dunia pendidikan, bahwasanya mahasiswa, guru, dan dosen diwajibkan untuk meningkatkan budaya membaca dan menulis karya ilmiah.

Menanggapi surat edaran Dirjen Dikti, karya tulis ilmiah itu perlu diterbitkan atau dipublikasikan, baik di jurnal ilmiah (cetak dan elektronik), prosiding, maupun dalam bentuk buku. Mengingat adanya berbagai kasus plagiarisme karya, kaum intelektual harus waspada dan mampu mengantisipasi adanya plagiarisme terhadap karya yang diciptakanya. Kini kaum intelektual yang merupakan kelompok anti-plagiat dan mampu menciptakan karya original seharusnya memperoleh perlindungan hukum. Namun tidak banyak yang mengetahui manfaat dan prosedur pengurusan HAKI, suatu hak alamiah atau hak dasar yang dimiliki seseorang berkaitan dengan intelektualitas manusia. Itulah tujuan dari seminar ini, para intelektual perlu dibekali dengan wawasan memadai untuk mengantisipasi perlindungan terhadap karya-karya yang dihasilkannya (Ari/San).



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment