Background

Monday, September 17, 2012

Supervisi Pimpinan Unesa

Jalin Kerjasama Lewat PPG dan Bidik Misi


Pada 10-11 September 2012 yang lalu, Universitas Negeri Surabaya mengadakan supervisi Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ke SMP Negeri 1 Kediri dan SMK Negeri 3 Kediri. Supervisi yang diikuti 12 rombongan dari tim Unesa ini bertujuan untuk memonitoring Praktek Pengalaman Lapangan mahasiswa, serta berbagi informasi tentang dunia pendidikan saat ini.



Setelah empat jam perjalanan, rombongan tiba di Kediri pada pukul 19.00 WIB. Setelah check in dan makan malam di Hotel Grand Surya Kediri, rombongan segera menuju agenda pertama dengan mengadakan rapat pimpinan yang diketuai rektor Unesa, Dr. Muchlas Samani, M. Pd. Rapat yang berlangsung pukul 20.00 sampai 21.30 ini menghadirkan Kepala UPT P4 Unesa, Drs. Gatot Darmawan, M.Pd. sebagai narasumber selaku pemrakarsa dari supervisi. Turut hadir pula PR I, PR III, dekan se-Unesa, para PD I, serta ketua BAAKPSI Unesa. Dalam rapim ini dibahas beberapa kegiatan Unesa, termasuk pelaksanaan wisuda ke-75 yang akan diselenggarakan pada 20-21 Oktober mendatang.
Hari kedua, tim memulai kunjungan ke SMP Negeri 1 Kediri. Sebanyak 22 mahasiswa peserta PPL, guru-guru, serta 47 siswa SMPN 1 yang juga menghadiri pertemuan disambut dengan hangat oleh kepala sekolahnya, Drs. Noto, M.M. Dalam sambutannya, Noto menyampaikan sederet prestasi yang telah dicapai SMPN 1 Kediri dalam meraih nilai tertinggi RSBI, juara UKS nasional, juara tingkat provinsi (Adiwiyata), serta guru berprestasi se-Kediri.
“Untuk mencapai prestasi gemilang ini tidaklah mudah. Kami berpijak pada moto yang terus kami genggam: beriman, bertaqwa, dan berwawasan lingkungan. Prinsip yang kami pakai adalah sistem perencanaan dengan menggunakan 4K: kedisiplinan, keteladanan, kepedulian, kebersamaan,” ungkap Noto di sela-sela sambutannya.
Sementara itu, Muchlas Samani berharap agar SMPN 1 Kediri tetap bermitra dengan Unesa untuk memotivasi anak didiknya agar mengikuti PPG di Unesa. Dengan adanya sertifikasi guru, diharapkan kualitas guru dapat ditingkatkan.
Kunjungan hari kedua dilanjutkan ke SMK Negeri 3 Kediri. Drs. Gatot Subagyo, kepala SMK Negeri 3 Kediri menyambut rombongan dari Unesa tersebut. Turut hadir pula 24 mahasiswa peserta PPL dan 45 guru SMKN 3. Dalam sambutannya, Gatot mengucapkan terima kasih karena Unesa menaruh kepercayaan untuk menyelenggarakan PPL di SMKN 3 walaupun harus berbenturan dengan bulan puasa. Bulan puasa yang jatuh di bulan Juli sampai Agustus menyebabkan kegiatan belajar mengajar menjadi kurang efektif.
“Kami hanya kekurangan waktu. Apalagi mengingat kegiatan belajar di SMK lebih mengarah pada praktek, terutama jurusan tata boga,” keluh Gatot dalam sambutannya.
Gatot juga berharap agar anak didiknya bisa lolos ke Unesa melalui program bidik misi, karena siswa yang pandai sebagian besar berasal dari keluarga tidak mampu.
Menanggapi hal itu, Muchlas Samani dengan senang hati mendukung program bidik misi. Bidik misi merupakan program pemerintah yang sudah terlaksana. Anak bidik misi dibiayai sampai lulus dan diberi biaya hidup sebesar Rp600.000,00/bulan. Sebagai bukti nyata, tahun ini Unesa mampu meloloskan sekitar 800 mahasiswa bidik misi (San).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

No comments:

Post a Comment