Background

Sunday, January 28, 2018

Tugas Debat Sesi 2

A. Benahilah kesalahan tata bahasa dalam teks di bawah ini. Kalian dapat mengacu pada huruf yang bercetak merah.


MADIUN VOLKSWAGEN CLUB, Makin Tua Makin Klasik

Deretan mobil bergaya retro berbaris rapi. Sesekali mereka berselfie dengan sumringah dilatarbelakangi mobil era adolf hitler itu. Ya, mereka adalah sekumpulan pecinta mobil klasik volkswagen (VW) yang tergabung dalam Madiun Volkswagen Club (MVC). Komunitas yang berdiri sejak tahun 2000 ini dilapisi anggota dengan berbagai usia. Mulai muda hingga tua berserikat dalam MVC.
Mobil antik sejenis volkswagen ternyata mempunyai tempat spesial di kota Madiun. Bentukannya yang unik mampu menarik penggunanya. Berdiri 17 tahun silam, anggotanya kira-kira ada sekitar 150 orang. Komunitas Madiun Volkswagen Club ini awalnya didirikan oleh Yuyu Sutisna yang saat itu menjabat sebagai komandan di Lanud Iswahyudi. ‘’anggotanya mulai 18 tahun sampai ada yang 60 tahun,” ujar Ateng, Humas Komunitas MVC

Varian mobil VW dari komunitas ini pun beragam. Yakni VW kodok (beetle), VW Combi, VW safari hingga VW bus. Tak jarang, para anggota-anggotanya memiliki dua varian VW yang berbeda. Mahal tidak jadi masalah. Bahkan, Ateng mengaku ketagihan dengan mobil produksi jerman ini. ‘’VW itu mobil ternyaman,”
Jika malam minggu banyak yang menggunakan waktu untuk jalan-jalan, para anggota komunitas ini melakukan gathering rutin di halaman suncity mal kota Madiun. Tak sekedar berkumpul, mereka juga kerap berbagi tip untuk merawat mobil kesayangan mereka. Mulai urusan sparepart hingga bisnis tak pelit dibagi mereka. ‘’kami ingin kumpulnya itu menyenangkan sekaligus bermanfaat,”
Dengan mobil bentukan seperti kumbang ini, setiap bulannya mereka mengadakan touring di berbagai kota. Tulungagung, Surabaya, hingga Yogyakarta pernah mengunjungi komunitas ini. Tak asal pilih tempat, touring yang dia lakukan selalu berhubungan dengan berbagai kontes vw. Meskipun MVC belum mengikuti kejuaraan-kejuaraan tersebut, mereka tak pernah absen untuk menghadiri. ‘’agar saling mengenal anggota, menjalin hubungan, dan perluasan jaringan,”
Setiap melakukan perencanaan touring, MVC membagi tugas tanpa pandang bulu. Tidak ada kesan junior-senior dalam komunitas. Urusan mesin, sparepart dan keperluan lainnya dipersiapkan betul. ‘’di komunitas ini sama-sama belajar, kalau dibagi tugas jadi lebih matang persiapannya.”


B. Tulislah 70 kata baku dan tidak baku di buku tugasmu.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 comments: